Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung yang Lebih Sehat


 Menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Baik itu penyakit yang sifatnya menular maupun yang tidak menular. Termasuk juga di dalamnya adalah penyakit jantung. Orang yang memiliki gaya hidup sehat akan relatif lebih jarang terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang gaya hidupnya tidak sehat.

Adapun beberapa gaya hidup sehat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung antara lain adalah sebagai berikut:

Menjaga Pola Makan 

Salah satu penerapan gaya hidup yang sangat perlu untuk kita lakukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat adalah dengan menjaga pola makan. Pastikan mengonsumsi makanan makanan yang memang memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti sayuran, buah buahan serta makanan makanan berserat lainnya. Perhatikan juga jumlah atau porsi dari makanan makanan tersebut jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan karena bisa saja justru berakibat tidak baik. Dan hindari jenis jenis makanan kurang sehat seperti jeroan, masakan cepat saji dan makanan makanan yang mengandung kolesterol jahat low density lipoprotein lainnya.


Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang cukup efektif. Dengan berolahraga maka otot otot jantung akan menjadi lebih kuat. Disamping itu olahraga yang dilakukan secara teratur akan mampu menjaga berat badan agar tetap  normal terhindar dari obesitas, dengan begitu resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun. Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan sangat beragam jenisnya. Mulai dari olahraga olahraga jenis aerobik seperti jalan cepat, lari, sepak bola hingga olahraga olahraga jenis ketahanan yang mengandalkan kekuatan tubuh seperti angkat beban, push up, pull up dan lain sebagainya.


Cukup Beristirahat

Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Hal ini karena saat istirahat/tidur adalah waktu tubuh memperbaiki sel selnya yang rusak. Dan hal ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.


Jauhi Rokok

Merokok merupakan salah satu penyebab berbagai jenis penyakit termasuk penyakit jantung. Karena itu jika ingin terhindar dari resiko terkena serangan jantung maka menjauhi rokok adalah pilihan yang tepat.  


Plaas 'n opmerking for "Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung yang Lebih Sehat"