Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Tenor Kredit Mobil Panjang Jika Ingin Kondisi Keuangan Tetap Stabil!



Bagi Anda yang sampai saat ini masih bingung menentukan jangka waktu kredit mobil yang sesuai kebutuhan, maka bisa simak pembahasan kali ini. Tenor kredit mobil tentu saja sangat mempengaruhi jumlah cicilan yang akan dibayarkan untuk membeli mobil baru 2022. Mengapa demikian?


Tenor atau yang biasa dikenal dengan jangka waktu pinjaman kredit nantinya bisa mempengaruhi besar cicilan debitur dan jumlah bunga yang harus dibayarkan. Mungkin bagi calon debitur yang masih memiliki budget minim bisa mencoba untuk mengambil tenor kredit panjang agar pengelolaan keuangan stabil. 

Ketahui Beragam Pilihan Tenor untuk Kredit Mobil Baru

Pada umumnya, perusahaan leasing akan mencoba menghitung tenor jangka waktu pinjaman dalam periode bulanan. Calon debitur bisa memilih tenor mobil dengan waktu yang bervariasi mulai dari 12, 24, 36, 48, 60 sampai dengan waktu 72 bulan. Manakah yang Anda butuhkan?


Berdasarkan pilihan tenor tersebut, maka jangka waktu pinjaman yang ditawarkan oleh pihak dealer atau leasing mulai dari 1 sampai 6 tahun. Namun perlu Anda ketahui, banyak sekali calon debitur yang lebih memilih tenor dari jangka waktu 3-5 tahun saja. Apa alasan banyak calon debitur memilih tenor tersebut?

Pertimbangkan Tenor Mobil Panjang Agar Kondisi Keuangan Stabil

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, akan lebih baik jika Anda memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tujuannya agar calon debitur bisa merencanakan keuangan dengan baik tiap bulannya untuk pembayaran cicilan dan memenuhi segala kebutuhan pokok. 

  • Tenor Panjang Menawarkan Calon Debitur Cicilan yang Lebih Ringan

Jika Anda sudah yakin ingin mengambil tenor panjang untuk kredit mobil baru, maka akan mendapatkan keuntungan berupa biaya cicilan yang murah. Contoh kasus seperti ini, debitur ingin membeli sebuah mobil baru secara kredit seharga Rp200 juta dengan DP 30% dan bunga 6,75%. 


Berdasarkan ketentuan tersebut, maka debitur bisa membayar setidaknya Rp6,5 juta per bulannya saat mengambil tenor selama 2 tahun. Namun jika Anda mengambil tenor selama 5 tahun, maka per bulannya hanya perlu membayar cicilan murah sekitar Rp3 juta saja. 

  • Aset yang Dijadikan Jaminan Masih Bisa Digunakan

Ketika memutuskan untuk mengambil tenor panjang untuk kredit mobil baru, maka Anda harus memberikan jaminan kepada pihak dealer atau leasing. Berhubung waktu pembayaran kredit jangkanya panjang, maka debitur masih bisa menggunakan jaminan untuk kebutuhan tertentu. 


Artinya debitur masih memiliki waktu yang lama untuk memanfaatkan aset yang digunakan sebagai jaminan saat beli mobil baru. Namun meskipun begitu, tetap pastikan bahwa Anda bisa menjalankan kewajiban dengan baik untuk mencicil kredit setiap bulannya. 

  • Membuat Pengelolaan Keuangan Lebih Terencana

Akan lebih baik bagi debitur dengan pendapatan bulanan yang terbatas memilih tenor panjang saat kredit mobil baru. Hal ini dikarenakan tenor panjang dalam keperluan kredit mobil tidak menawarkan DP yang lumayan besar saat awal. 


Selain itu ketika waktu pembayaran cicilan berlangsung, debitur masih punya banyak waktu untuk mengusahakan hal lain untuk menambah penghasilan. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, maka debitur tidak akan merasa kebingungan saat membutuhkan dana mendesak. 


Bukan berarti debitur yang memilih tenor pendek tidak bisa mendapatkan untung. Bagi Anda yang sudah memiliki kemampuan mencicil kredit mobil dengan biaya tinggi, tidak masalah menggunakan tenor pendek karena bunga yang ditawarkan juga bisa lebih kecil. 


Untuk keperluan kredit mobil baru dengan aman dan menguntungkan bisa percayakan hal ini kepada SEVA. Platform tersebut sudah dibekali dengan teknologi canggih berupa fitur instant approval yang memudahkan tiap konsumennya dalam membeli mobil baru sesuai dengan kekuatan finansialnya. 




Plaas 'n opmerking for "Pilih Tenor Kredit Mobil Panjang Jika Ingin Kondisi Keuangan Tetap Stabil!"